Article

Home » News » Article » Ayo Tetap Kreatif, Ini Ide Event yang Bisa Kamu Buat Selama Pandemi

Ayo Tetap Kreatif, Ini Ide Event yang Bisa Kamu Buat Selama Pandemi

photo-1638132704795-6bb223151bf7

Selepas melalui masa darurat pandemi Covid-19, pemerintah kini telah mengizinkan sejumlah aktivitas esensial digelar kembali. Meski demikian, terdapat cukup banyak pekerja yang tetap harus bekerja dari rumah.

Kondisi tersebut tentu berpengaruh terhadap banyak sektor, salah satunya industri event dan hiburan. Konsep acara yang selama ini kerap dilakukan secara luar jaringan (luring), kini harus berubah menjadi dalam jaringan (daring).

Bagi kamu yang bekerja di bidang event organizer (EO) atau hiburan, jangan biarkan kreativitasmu terhenti karena pandemi. Berikut beberapa ide acara yang bisa kamu gelar selama masa pandemi yang dirangkum Tribun Jogja dari berbagai sumber.

1. Webinar

Tak diragukan, web seminar atau webinar adalah salah satu kegiatan paling populer selama pandemi. Selain memiliki aksesibilitas luas, beragam topik dan sektor pun bisa digelar, mulai dari kesehatan, finansial, pendidikan, hingga hiburan.

Berbagai pihak seperti instansi pemerintah, swasta, hingga masyarakat menjadikan webinar sebagai sarana sosialisasi dan penyebaran informasi yang efektif di kala pandemi.

Berbeda dengan pelaksanaan seminar konvensional, webinar biasanya digelar melalui platform digital, seperti Zoom, Airmeet, atau Google Meet.

Setelah menentukan topik, kamu tinggal mengundang pembicara yang kemampuannya sesuai tema dan target peserta. Ingat, ketepatan pemilihan pembicara sangat menentukan seberapa banyak peserta webinar-mu.

Terkadang, pertemuan virtual yang lama bisa sangat membosankan dan melelahkan. Dalam seminar, kita mengenal istilah ice breaking untuk mencairkan suasana.

Nah, kamu juga bisa melakukannya dalam webinar. Ada banyak platform yang menyediakan permainan, seperti online bingo, trivia quiz, hingga tebak lagu. 

2. Live streaming

Salah satu virtual event paling populer lainnya adalah live streaming. Kamu bisa membuat acara seperti gelar wicara, live music, turnamen e-sport yang tentu akan menjaring banyak penonton.

Meski kelihatan sederhana, kegiatan live streaming membutuhkan persiapan yang panjang dan melibatkan banyak orang, mulai dari tim acara yang menentukan tema, perlengkapan apa yang akan dibutuhkan, dan tim produksi.

Kamu bisa memulai dengan menentukan konsep atau gambaran umum acara. Dengan konsep yang jelas, kamu bisa menentukan besar kecilnya acara, sehingga menentukan pula berapa anggaran, waktu, dan tim yang dibutuhkan.

Saat ini sudah banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk live streaming, di antaranya Instagram, Facebook, Youtube, hingga Tiktok.

Tak hanya itu, kamu juga bisa bekerja sama dengan pihak lain untuk menggunakan venue mereka, seperti kafe, aula, hingga rooftop suatu gedung.

3. Podcast

Podcast saat ini tengah digandrungi banyak orang, baik dalam format video maupun audio. Platformnya pun beragam, mulai dari Anchor, Spotify, Apple Podcast, hingga Google Podcast. Berbagai platform berbasis audio ini bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja.

Jika kamu ingin membuat podcast dalam bentuk video, Youtube masih menjadi pilihan terfavorit sebagai etalasemu. Jika ingin membuat podcast tentang gim, kamu bisa mencoba platform Twitch yang kebanyakan penggunanya adalah gamers.

Sama seperti acara lainnya, podcast jadi menarik bila topik dan pembawa acara bisa menyuguhkannya dengan menarik, entah itu pembahasan seru, ringan, hingga berat.

Walau bahasan podcast terkadang mengalir sesuai apa yang dibicarakan, kamu juga perlu membuat skrip atau poin-poin bahasan sebagai patokan agar tetap sesuai tema dan tidak melenceng terlalu jauh.

3. Pameran virtual

Kalau kamu dulu sering jalan-jalan ke mal pasti sering menemukan berbagai macam pameran, baik pameran otomotif, furnitur, fesyen, hingga produk-produk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Mengingat pameran berpotensi menimbulkan kerumunan, kegiatan ini pun menjadi jarang digelar karena faktor kesehatan.

Nah, kamu bisa melihat ini sebagai peluang dengan menggelar pameran virtual. Hanya dengan laman aplikasi tertentu, pengunjung dapat mengakses pameran virtual di mana dan kapan pun.

Ada banyak jenis pameran virtual yang bisa kamu gelar, seperti pameran 3D, laman berbentuk marketplace, hingga aplikasi.

Sebagai pertimbangan, kamu bisa meniru konsep pameran virtual yang dibuat promotor dan penyelenggara acara Tribun Jogja Event Organizer (EO) berikut ini.

Pertama, Kendi Sembada. Pameran Kendi Sembada merupakan acara Dinas Koperasi dan UMKM Sleman yang bekerja sama dengan Tribun Jogja EO sebagai organizer dan promotornya.

Posted in ,